EkonomiGlobalKabupaten Maybrat

Dinas Perkebunan Dan Pertanian Maybrat Serahkan Bantuan Bagi Petani

Maybrat, wartapapua. Id, Warga masyarakat Kampung Samerakator dan Kampung Tahsimara, Distrik Aifat Selatan Kabupaten Maybrat yang tergabung di dalam kelompok tani Samerakator dan Tahsimara memperoleh berbagai bantuan Pertanian dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Maybrat.

Adapun bantuan terdiri dari benih jagung, kacang panjang, buncis, terong, cabe dan lain-lain, disertai peralatan pertanian dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta rupiah kepada masing-masing kelompok tani

Bantuan diantar dan diserahkan langsung Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Marten Howay dengan stafnya ke lokasi, tepatnya di bibir sungai Kamundan, pada Selasa, 14 Maret 2023. Kehadiran mereka disambut antusias warga setempat.

Marthen mengaku suasana di wilayah itu sangat aman dan nyaman tak seperti yang didengarnya diluar yang menyebut rawan dan tidak kondusif.

“Saya rasa suasananya aman luar biasa sekali, beda dengan yang saya pikirkan sebelum saya tiba di sini yang dalam keadaan waswas, tapi ternyata sampai di sini masyarakat sudah ada di sepanjang kampung masing-masing dan beraktivitas seperti biasa, itu artinya bahwa memang benar-benar masyarakat sudah pulang,” ungkap Kadis.

Menurut kadis, warga di kedua kampung punya semangat bertani yang luar biasa bahkan merindukan adanya perubahan, tinggal pemerintah mendorong ke depan supaya lebih mandiri. Marthen menyebut, pemerintah Maybrat kini tengah menaruh perhatian penuh di wilayah tersebut untuk memulai melakukan penataan ulang pada segala sektor, salah satunya pertanian.

“Puji Tuhan hari ini kami ada disini, kalau boleh ini bagian dari langkah awal untuk memastikan bahwa kondisi masyarakat disini aman. Ini kami ada di pinggir sungai kamundan, tidak menutup kemungkinan kami akan bergeser lagi untuk melayani masyarakat kita, karena masyarakat ini dulu baru kabupaten ini ada,” kata Marthen.

Masyarakat, kata Marthen, percuma kalau mendengar pejabat hanya banggakan diri dengan besarnya anggaran yang mereka terima tanpa ada gebrakan pembangunan yang menyasar dan berpihak buat mereka.

“Saya benar-benar puji Tuhan karena hari ini bersama-sama dengan masyarakat dan melihat bahwa mereka sungguh-sungguh butuh sentuhan tangan dari pemerintah. Jadi ini kalau boleh masing-masing dari kita ada pada bidangnya segera menjawab kebutuhan mereka, bukan hanya pertanian tapi sektor lain juga harus bisa,” pintanya.

Kadis Marthen juga mengangkat jempol kepada Pj Bupati Maybrat yang menaruh fokus penuh terhadap nasip Eksodus Aifat Timur Selatan dan Aifat Timur Raya yang sebagian perlahan kembali.

Marthen juga mengaku mengagumkan cara serta gaya pendekatan pelayanan kemasyarakatan yang dilakukan Pj Bupati Maybrat, Bernhard Rondonuwu yang selalu mengedepankan pendekatan hati bersama masyarakat.

“Yang sekarang jadi masalah ini kita yang pembantu beliau. Kita yang ada dibawah ini yang harus menterjemahkan gayanya. Dia punya pelayanan ini murni dan mau yang namanya sifatnya pelayanan cepat, dan kita harus segera merespon itu,” tukas Marthen.

Menurutnya, bantuan ini merupakan salah satu langkah awal pemerintah Kabupaten Maybrat untuk ingin memulihkan situasi perekonomian warga masyarakat di zona tersebut. Kadis menyebut bahwa wilayah tersebut kini menjadi prioritas pemerintah Maybrat, termasuk sektor Pertanian.

“Ini kami datang dulu lihat dan mungkin saja terbatas, tapi daerah ini jadi prioritas kami. Kami harus bersama-sama dengan warga untuk siapkan makan minum dulu baru bisa berbuat hal yang lain,” pungkas Kadis.

Dalam kesempatan ini, Tokoh masyarakat Aifat Selatan dan Aifat Timur Raya serta Kedua Kepala Kampung mengapresiasi langkah dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Maybrat bersama staf dalam menindaklanjuti gerak Pj Bupati Maybrat.

Tokoh masyarakat Aifat Timur Raya dan Aifat Selatan Raya, Zakeus Momao dan Manfred Matee turut mendampingi dalam kunjungan tersebut.((Carles Fatie)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda