GlobalNasionalSosialwartajakartanews

PT RAPP-Kemendes PDTT Tekan MoU, Kolaborasi Pemerintah-Swasta Turunkan Angka Kemiskinan dan Prevalensi Stunting

PANGKALAN KERINCI – wartapapua.id, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), unit usaha APRIL Group berkolaborasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui skema Public Private Partnership.

Kerjasama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar dan Direktur Utama PT RAPP, Sihol Aritonang di Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Senin (20/3/2023).

Penandatanganan kerjasama dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Desa Asri Nusantara di Lapangan Desa Makmur, yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Gubernur Riau H. Syamsuar dan Bupati Pelalawan, H. Zukri.

Isi dari kolaborasi Private Public Partnership antara Kemendes PDTT dan PT RAPP menitikberatkan pada pelaksanaan program penurunan angka kemiskinan ekstrem, penurunan prevalensi stunting, peningkatan akses pada sarana kesehatan, peningkatan kualitas pendidikan, dan pelestarian lingkungan di tingkat desa di Provinsi Riau.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengapresiasi upaya PT RAPP dalam membangun desa-desa di wilayah kerjanya.

“Tadi sudah dilaksanakan penandatanganan MoU antara Kemendes PDTT dan PT RAPP atau APRIL Group, disaksikan oleh Wapres bersamaan dengan peringatan Hari Desa Asri Nusantara. Kami sangat mengapresiasi PT RAPP karena telah memberikan pembinaan kepada desa-desa di wilayah kerjanya di 5 kabupaten,” ujar Mendes PDTT.

Lebih lanjut Mendes PDTT menambahkan PT RAPP juga melakukan piloting dan bekerjasama dengan desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Termasuk penanganan saat terjadi kebakaran di desa, ini menjadi sangat penting karena area yang rawan kebakaran adalah desa dan juga kita mengapresiasi pendampingan upaya mitigasi bencana kebakaran yang dilakukan APRIL Group,” ucapnya.

Direktur Utama PT RAPP Sihol Aritonang mengatakan, kolaborasi dengan Kemendes PDTT adalah bagian dari upaya APRIL Group merealisasikan komitmen terhadap Kemajuan Inklusif yang tertuang dalam visi transformatif APRIL terhadap pembangunan berkelanjutan yang disebut APRIL2030.

“Salah satu komitmen kita adalah bisnis harus tumbuh selaras dengan pertumbuhan masyarakat yang ada di sekitarnya. Pembangunan desa tidak mudah, apalagi yang kita angkat adalah persoalan kemiskinan, stunting, kesehatan, pendidikan, perlu keterlibatan multistakeholder melalui skema Public Private Partnership,” jelas Sihol.

Seusai pelaksanaan peringatan Hari Desa Asri Nusantara, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar beserta rombongan berkesempatan mengunjungi operasional PT RAPP yang terletak tidak jauh dari lokasi pelaksanaan acara.

Didampingi Mill Operations Support Director RAPP, Mhd Ali Shabri, Mendes PDTT mengunjungi RGE Technology Center dan lokasi pembibitan (Kerinci Central Nursery 2/ KCN2) PT RAPP yang menjadi referensi pembangunan Pusat Persemaian Rumpin sebagai wujud kolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui skema Public Private Partnership.

Seusai berkunjung ke operasional PT RAPP, Mendes PDTT mengungkapkan kekagumannya terhadap salah satu perusahaan terbesar di Asia ini.

“Saya bersyukur dengan keberadaan perusahaan yang luar biasa ini dengan komitmen eco-green dan keberlanjutan, serta pelibatan tenaga kerja dari masyarakat sekitar, itulah yang kita sebut kepedulian lingkungan dan sosial. Saya berharap semakin banyak perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan desa,” tutup Mendes PDTT.

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda