Nasional

ITB Gandeng Kemendes Gelar PKM Di Desa Kesetnana TTS

Soe, WartaPapua. Id, Guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan di wilayah Indonesia bagian timur khususnya kabupaten Timor Tengah Selatan, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggandeng kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kesetnana, kecamatan Mollo Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan, provinsi Nusa Tenggara Timur dengan melakukan pemboran sumur untuk air bersih di desa kesetnana, sejak Senin, (19/6/2023).

Kepada media ini, senin, (19/6/2023), Dosen ITB, Dr. Widodo, ST., MT., menuturkan bahwa hari ini kita mulai melakukan pemboran untuk air bersih di desa kesetnana sebagai program pengabdian kepada masyarakat wilayah Indonesia Timur, kerja sama ITB dan Kementerian Desa PDTT, tuturnya.

Selain itu, menurut Widodo, tujuan utama program ini, untuk penanggulangan air bersih dengan melakukan survei Geofisika oleh Dr.rer.nat. Widodo, ST.,MT., dan dilanjutkan dengan pencarian titik oleh tim dari Institut Teknologi Bandung serta pengeboran lokal dan diguide oleh tim dari ITB, jelasnya.

Widodo juga menambahkan, jika pemboran air bersih ini sudah berhasil atau jika sudah ada hasilnya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Kementerian Desa PDTT akan ada di wilayah kabupaten Timor Tengah Selatan paling lambat bulan Juli tahun 2023 ini, tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kesetnana, Petrus P.S. Liu, S.Ip., ketika dikonfirmasi awak media, menandaskan bahwa pihak pemerintah desa kesetnana tentunya sangat bersyukur dan berterima kasih karena paling tidak dengan adanya program ini ,imbasnya kami pemerintah desa bisa sedikit membantu masyarakat untuk kepenuhan kebutuhan akan air bersih dan tentunya ini juga mendukung program pemerintah desa kesetnana di bidang pengembangan ekonomi masyarakat melalui pertanian dan perikanan, tandasnya.

Untuk diketahui, Institut Teknologi Bandung melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan bekerjasama atau menggandeng kementerian Desa untuk program daerah tertinggal 3T wilayah Timur disambut gembira oleh masyarakat desa kesetnana dengan hadir menyaksikan pemboran yang sedang berlangsung disekitar kantor desa kesetnana. (Albert Baunsele)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda