Kabupaten Sorong SelatanPapua Barat

Usai Melakukan Pencaharian Warga Hilang Selama 3 Hari Kepala BPBD Sorsel Tutup Operasi.

Teminabuan,-WartaPapua.Id,-Setelah melaksanakan 3 hari pencaharian bagi orang hilang akibat di terkam buaya  Operasi Tim Gabungan yang terdiri dari TIM SAR, POL AIRUT, dan BPBD Kabupaten Sorong Selatan melakukan penuntupan kegiatan operasi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sorong Selatan  Vicente Baay,S.IP,bertempat di kantor Basarnas Sorong Selatan Sabtu pagi  tadi. 20 November 2021

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sorong Selatan  Vicente Baay,S.IP,menyampaikan terimakasih sebesar besarnya kepada semua unit siaga yang terlibat langsung dalam operasi korban bencana. Dirinya berharap semoga TIM ini selalu  kompak melaksanakan pekerjaannya.

Dirinya menyampaikan terimah kasih kepada Basrnas Sorong Selatan,Polres Sorong Selatan serta Bupati Sorong Selatan dan warga masyarakat yang telah mendukung proses pencaharian ini.

Usai Melakukan Pencaharian Warga Hilang Selama 3 Hari Kepala BPBD Sorsel Tutup Operasi. ( Foto Istimewah )

Dijelaskan bahwa peristiwa ini bermula setelah menerima Informasi dari Julius Ginuni bahwa pada TW. 08.15 Korban Fredik Nahan, yang sedang menjaring ikan dan tiba – tiba di serang  atau di makan oleh binatang buas Buaya dengan lokasi Kejadian disekitar  Pasir Hitam Kampung Yahadian Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan.peristiwa Naas ini disaksikan oleh seorang gadis kecil yang selamat pada waktu itu.

Tim Rescue Unit Siaga SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Pol Airut Sorong Selatan bergerak menuju LKK menggunakan Rubber Boat,dengan kekuatan Unit Siaga SAR Sorong Selatan (2 orang) -BPBD Sorong Selatan (3 orang) -Masyarakat (4 orang) -Pol Airut (3 Orang)

Aksi pencaharian dilaksanakan selama 3 hari Tim Unit Siaga SAR dan BPBD bersama warga masyarakat melakuan pencarian/identifikasi olah tempat kejadian korban, namun hanya menemukan puing – puing dayung dari si korban, namun juga menemukan Buaya bersangkutan, tetapi jarak yang cukup jauh, sehingga tidak dapat di jangkau oleh Tim Gabungan untuk mengeksekusi buaya tersebut. Setelah itu Tim Unit Siagga SAR dan BPBD bersamaan dengan masyarakat kembali lagi ke Posko

Demikian juga operasi dilanjutkan pada hari berikutnya  Tim Unit Siagga SAR dan BPBD bersama masyarakat melakuan pencarian  di tempat kejadian dengan beroperasi pada sungai – sungai sekitar namun tidak menemukan korban yang di bawa oleh buaya.

Dihari Ketiga TIM SAR Kembali melaksanakan pencaharian bersama masyarakat melakuan pencarian menuju tempat kejadian korban dan area sungai sekitar  secara terus – menerus namun tidak menemukan korban.

Proses pencaharian diakhiri karena keluarga Korban menyerahkan peristiwa ini Kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan upacara  adat pelepasan sekaligus ibadah oleh keluarga korban untuk menyerahkan almarhum kepada Tuhan Yang Maha Kuasa di lokasi korban.(Rls BPBD)

Warta Papua

Official FB : https://fb.wartapapua.id Official IG : https://ig.wartapapua.id

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda