Kabupaten MaybratNasionalPapua BaratPemprov Papua Barat

Peringati HMPI, Dinas Kehutanan Prov Papua Barat  Tanam 800 Pohon di Ayamaru

Maybrat,Wartapapua.Id-Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2021, Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat menanam 800 pohon di sekitar danau Ayamaru Kabupaten Maybrat, Kamis (25/11/2021)

Staf Ahli Gubernur Papua Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Niko Tike mengatakan, pemerintah Provinsi Papua Barat sangat mendukung program menanam pohon untuk kebutuhan masyarakat, mengingat air di danau Ayamaru saat ini sudah mulai menurun. Oleh karena itu, melalui penanaman pohon ini, maka akan membawa suatu perubahan dimana air di danau Ayamaru akan semakin bertambah.

Peringati HMPI Dinas Kehutanan Prov Papua Barat Tanam 800 Pohon di Ayamaru

“Pemerintah pada dasarnya mendukung program menanam pohon. Karena sangat membantu masyarakat. Dengan adanya menanam pohon di danau Ayamaru, maka akan ada perubahan di danau ini. Hal ini akan berdampak baik terhadap kebutuhan hidup masyarakat,” ungkap Niko

Hari Menanam Pohon Indonesia yang dilaksanakan di Ayamaru ini disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Maybrat karena sangat membawa dampak positif hingga pada anak cucu guna meningkatkan stabilitas danau Ayamaru “ujar Niko Tike.

Sementara itu,Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Hendrik Runaweri saat ditemui mengatakan, penanaman pohon tersebut sangat membantu menyimpan air dan mencegah sedimentasi sehingga air di danau Ayamaru bertambah banyak untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Selain itu, dapat difungsikan sebagai obyek wisata yang indah.

“Penanaman pohon ini sebagai sebuah sosialisasi agar masyarakat bisa berlomba-lomba menanam pohon. Karena kalau pohon selalu ditebang lalu tidak ada penanaman kembali, maka akan berdampak pada danau Ayamaru dan kehidupan masyarakat. Jadi program ini membantu untuk menyimpan Air. Dan saya melihat bahwa danau Ayamaru memiliki potensi yang sangat besar untuk  dijadikan obyek wisata,” ungkap Runaweri.

Dirinya menambahkan bahwa program menanam pohon ini akan terus berkelanjutan setiap tahun di semua Kabupaten se-provinsi Papua Barat. Oleh karena itu, Kabupaten Maybrat mendapat jadwal menanam pohon pada kesempatan ini.

“Ya program ini sudah kami jadwalkan dan akan terlaksana setiap tahun. Sehingga tepat pada hari ini, kami lakukan di Kabupaten Maybrat dan berlokasi di sekitar danau Ayamaru,”ujar Runaweri.(Ones Semunya)

 

Warta Papua

Official FB : https://fb.wartapapua.id Official IG : https://ig.wartapapua.id

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda