AspirasiKabupaten Sorong SelatanNasionalPapua Barat

Mayoritas Tokoh Masyarakat Sorong Selatan Dukung Pembentukan DOB Papua Barat Daya

Teminabuan,-WartaPapua.Id,-Tim Universitas Gajah Mada  Pokja Papua yang terdiri dari  Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia, S.I.P., M.A.Maulana Istu Pradika, S.Si., M.Sc.,Isrotul Qomariah, S.Sos., M.A.bersama pemerintah kabupaten Sorong Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dance Nauw,SP,MSi ,Ketua DPRD Sorong Selatan Marthinus Maga. S. Sos dan seluruh pemangku kepentingan diantaranya tokoh masyarakat,tokoh adat,tokoh perempuan,tokoh pemuda ,tokoh agama menggelar Fokus Group Discussion dalam rangka penyusunan  Naskah Akademis  Calon Provinsi Papua Barat Daya Pemekaran dari Provinsi Papua Barat dengan cakupan daerah bawahaan  5 Kabupaten 1 Kota yaitu Kabupaten Sorong,Kabupaten Sorong Selatan,Kabupaten Raja Ampat,Kabupaten Tambrauw,Kabupaten Maybrat,Dan Kota Sorong. Bertempat diAula Gedung Putih Teminabuan 3 Februari 2021.

Mayoritas Tokoh Masyarakat Sorong Selatan Dukung Pembentukan DOB Papua Barat Daya

Sekda Sorong Selatan Dance Nauw,SP,MSi dalam wawancara menjelaskan tentunya kami bersyukur KepadaTuhan bahwa dihari ini kita berada didalam momentun sejarah dimana pemerintah Pusat mendesain kebijakan Negara terkait pemekaran DOB Provinsi Papua Barat Daya dan Provinsi lainya dengan tahapan yang dilakukan hari ini kita bersama dalam Fokus Group Discussion (FGD) bersama TIM dari UGM hadir dikabupaten Sorong Selatan dan telah berlangsung dengan sukses dengan berbagai dinamika dari seluruh pemangku kepentingan baik tokoh  masyarakat,tokoh Agama,tokoh Perempuan,tokoh Pemuda,Para Pejabat,ASN hadir untuk memberi penguatan dan memberikan dukungan penuh untuk dalam rangka lahirnya sebuah Provinsi di Papua Barat yaitu Provinsi Papua Barat Daya.

Selaku Pemerintah kami akan terus memberikan dukungan semoga TIM ini akan kembali menyelesaikan Naskah Akademisnya dan dipercepat dan didorong ke Kemendagri untuk selanjutnya dibahas di DPR RI dan ini menjadi perggumulan sehingga dapat direalisasikan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Ketua LMA SukuTehit Philipus Momot ,SE  menjelaskan bahwa selaku masyarakat Adat Suku Tehit pihaknya menyatakan memberikan dukungan penuh atas terbentuknya Provinsi Papua Barat Daya,hal ini menurutnya  akan memaksimalkan  dan mendekatkan rentang kendali pelayanan masyarakat dan akan berdampak pada peningkatan pembangunan infrastruktur serta sarana prasarana lainya diwilayah wilayah yang belum tersentuh.

Mayoritas Tokoh Masyarakat Sorong Selatan Dukung Pembentukan DOB Papua Barat Daya

Pernyataan dukungan atas terbentuknya Provinsi Papua Barat Daya juga diberikan oleh Tokoh Masyarakat Imekko Yulianus Turiridai, Tokoh Masyarakat Maybrat yang ada di Sorong Selatan,M Sagrim serta Ketua Suku Ikatan Keluarga Sulawesi Selatan (IKSS) Rustam Nanrang.

Sementara itu Ketua TIM Penyusunan  Naskah Akademis UGM Alfath Bagus Indonesia,SIP,MA saat diwawancara menjelaskan kami dari tim kajian universitas gajah mada menyadari  bahwa dinamika adalah hal yang biasa dalam sebuah forum dan kami tentunya  hari  ini  sangat menapresiasi  berbagai bentuk masukan dari pemuka agama tokoh adat pemerintah  dan tentunya  mama-mama dan pemuda  dan seluruh steklolder lainnya saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang luarbiasa  berbagaimacammasukan tadi akanmenjadi sarana bagi Kami sebagaitimkajian untuk menganalisis secara cermat  secara teliti dan tentunya  berdasarkan kaedah akademik kebenaran ilmiah  tentunya akan kami junjung semoga kedepannya bahwa hadirnya propinsi papua barat akan menjadi propinsi  yang akan mengakomodir kepentingan dari berbagai macam stekolder  memproteksi orang asli papua  mampu hidup bersanding secara  selaras dengan berbagai macam suku budaya dari berbagai macam nusantara  dan  kita sama-sama  menuju wilayah yang berkeadilan untuk semua  dan kami akan berusaha semaksimal  mungkin. Akademik  yang  berkualtas  dan  bisa menjadi  landasan untuk  perjuangan bagi  pembentukan   DOB  Propinsi  Papua Barat ini proses  selanjutnya kami akan balik ke Jogjakarta  melakukan proses analisis terhadaap data-data yang sudah kami kumpul dari enam calon DOB  dan kami  juga akan presentasi dengan tim yang telah bekerjasama  untuk meminta masukan dari Tim dan akan melakukan proses advokasi baik ke Mendagri kemudian dan Kementrian terkait  dan intinya ialah tugas advokasi akan dilakukan  bersama-sama dari Tim kajian UGM dan dari Tim yang sudah terbentuk sebagaI Tim aspirasi  semoga semua proses ini akan berakhir tahun ini yang menjadi harapan kita bersama .

Hadir dalam acara ini Ketua DPRD Sorong Selatan Marthinus Maga. S. Sos, sejumlah Anggota DPRD Sorong Selatan, Tokoh  masyarakat,tokoh Agama,tokoh Perempuan,tokoh Pemuda,Para Pejabat,ASN serta warga masyarakat .(EngelBerto)

Warta Papua

Official FB : https://fb.wartapapua.id Official IG : https://ig.wartapapua.id

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda