Agama & BudayaKabupaten MaybratKota SorongOlahragaPapua Barat

Gelandang Timnas Indonesia Pinang Calon Istri Secara Adat Bangsawan Suku Maybrat

Sorong, wartapapua.Id – Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya Kamis sore, 10 Maret 2022 melamar pasangannya, Sendy Wafom menggunakan prosesi adat suku Maybrat,  Papua Barat dengan membawa seserahan kepada pasangannya berupa uang dan kain adat serta piring.

Dalam tatanan adat suku Maybrat dari kampung kambuaya, Ricky Kambuaya adalah turunan dari golongan boboth atau bangsawan.

Gelandang Timnas Indonesia Pinang Calon Istri Secara Adat Bangsawan Suku Maybrat

Kegembiraan keluarga di rumah Ricky Kambuaya di kawasan Worot, kota Sorong, Papua Barat tidak terbendung saat akan mengantar gelandang serang Timnas Indonesia itu untuk melamar kekasih pujaan hatinya, Sendi Wafom. Ricky Kambuaya nampak gagah menggunakan kemeja bermotif batik Papua, lengkap dengan aksesoris yang sebagai seorang golongan boboth atau bangsawan di suku Maybrat.

Ibunda tercinta Yohana Kambu mendandani anaknya dengan aksesoris kalung dan mahkota khas suku Maybrat seperti kebanyakan suku lainnya di Papua. Tiba di rumah calon mempelainya, para tetua adat kemudian menggunting pita di depan pintu rumah calon wanita kemudian Ricky Kambuaya memecahkan balon di atas pintu rumah. Para tetua adat kemudian meminta izin masuk dari tuan rumah setelah tuan rumah membukakan pintu rumahnya,

keluarga ricky kemudian masuk dan diterima keluarga Sendy, Sendy sendiri kemudian mengalungkan kain ke leher Ricky sebagai isyarat Ricky dan keluarganya diterima dan bisa mengutarakan maksud kedatangannya.

Setelah kedua keluarga menyampaikan maksud, kemudian keluarga Ricky menyerahkan seserahan berupa kain adat sebanyak 47 buah, beserta uang tunai Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah) dan piring gantung. Setelah proses perhitungan seserahan selesai dilakukan oleh kedua belah pihak, Ricky kemudian menyerahkannya kepada calon mempelai nya yang lalu menyerahkan ke orang tua dan keluarga besarnya. Proses peminangan ini akan dilanjutkan dengan pembayaran mas kawin setelah menikah dan memiliki anak, pihak keluarga pria (Ricky) juga harus membayar harta anak kepada keluarga istrinya nantinya.

Tokoh Adat Maybrat, Izack Nauw mengatakan, dalam adat Maybrat, kain itu adalah suatu alat yang sah, untuk membayar. Hari ini adalah tahapan pertama menurut adat yaitu proses peminangan, nanti selanjutnya pembayaran mas kawin. “Selanjutnya nanti menikah dan memiliki anak, kita bayar harta anak lagi. Itu budaya kami, ada 3 kali tahapan,” terangnya.

Sementara, gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya mengakui dalam mencari pasangan harus yang mampu mendukung karirnya sebagai pemain sepakbola profesional. Menurut Ricky, Sendy Wafom adalah pasangan yang tepat karena selama kurang lebih delapan tahun berpacaran sendy selalu mendorong Ricky Kambuaya untuk menjadi pribadi yang baik serta mendorongnya sebagai pemain sepakbola profesional yang tidak hanya dikenal di indonesia tetapi lebih dikenal hingga ke mancanegara.

“Saya punya pekerjaan yaitu main sepakbola, saya berpikir untuk mendapat seorang pendamping yang bisa membuat saya fokus, makanya saya meminang dia untuk bisa menjadi istri saya. Dengan Sendy saya yakin karier saya semakin baik di masa depan,” ucap Ricky.

Usai dilakukan prosesi peminangan, Ricky Kambuaya akan kembali ke klub Persebaya Surabaya untuk menyelesaikan agenda pertandingan di liga satu indonesia dan kemudian akan kembali mengikuti pemusatan latihan di Pelatnas bersama Timnas Indonesia. (Ones Semunya).

Warta Papua

Official FB : https://fb.wartapapua.id Official IG : https://ig.wartapapua.id

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini:

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda