Agama & BudayaKabupaten Sorong SelatanPapua Barat

Bupati Sorong Selatan Melepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji Menuju Arab Saudi.

Teminabuan,Wartapapua.id,- Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr AP melepas Jamaah Calon Haji Kabupaten Sorong Selatan  Tahun  1443 H/2022 M bertempat di Aula Iklas Kantor kementerian Agama Sorong Selatan.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr AP  dalam sambutanya  menjelaskan bahwa Ibadah Haji merupakan sebuah ibadah yang dijadikan sebagai salah satu dari lima pondasi {rukun},yang dengannya akan tegak agama Islam ,setiap umat muslim sudah tentu mendambakan dapat menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah, ini merupakan suatu kewajiban dan sekaligus kehormatan bagi yang mendapat panggilan dari Allah SWT.

Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Sorong Selatan turut berbahagia , selamat atas diberangkatkannya Calon Jemaaf Haji tahun 1443H/2022 M ke tanah suci.

Tahun ini Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukannya kuota bagi calon Jemaah haji Indonesia sehingga yang masuk dalam rombongan dalam kuota wajib bersyukur dan menjaga kesehatan serta beribadah dengan sebaik-baiknya.

Saya menghimbau calon Jemaah haji Sorong Selatan untuk menerapkan protocol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin sehingga keseluruhan seluruh rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik meski dinilai telah kondusif

Saya ucapkan selamat jalan, dan selamat menunaikan Ibadah haji ,dan selamat jalan ,semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan kepada bapak ibu sekalian.

Sementara itu Kepala kantor Departemen Agama kabupaten Sorong Selatan Drs.DM Syaranamual,MPd dalam sambutanya menjelaskan bahwa hari ini kita bersama sama  melepas saudara sudara kita para tamu Allah Duyufurrahman untuk  melaksanakan  rukun islam  yang ke lima yaitu ibadah  haji ke Tanah Suci  Makkah dan  Madinah Munawwarah

Dirinya menjelaskan bahwa  calon  haji kabupaten  Sorong Selatan  berjumlah  9 Orang  yaitu  4 Orang laki laki dan 5 Orang Perempuan yang tergabung dalam kloter 17 UPG, calon haji termuda  berusia  25 Tahun dan yang tertua berusia  55 Tahun.

CJH Sorsel akan diterbangkan dari Bandara Deo  Sorong Tanggal  28 Juni 2022  pukul 14 45 WIT  menggunakan Pesawat Lion Air  JT  3945 menuju bandara Hasanudin  Makassar

Masa tunggu keberangkatan Haji untuk kabupaten Sorong Selatan  hingga  26 Juni 2022 berjumlah 377 Orang  dengan masa keberangkatan 43 Tahun saat ini masa tunggunya  akan menjadi  lebih lama  karena perhitungan  kuota  saat ini hanya  45,6 % dari kuota normal.

Kepala Kemenag Sorong Selatan menyampaikan pesan  agar senantiasa  menerapkan  protocol  kesehatan dan  pola hidup sehat  secara disiplin,jaga kekompakan  dan kerjasama  yang baik  antar  sesame  jamaah  dan anatara  jamaah  d engan petugas ,jaga kesehatan  terutama  menjelang  puncak haji  wukuf  di arafah,Muzdalifah, dan Mina, serta patuhi  aturan aturan  baik yang diatuir  oleh pemerintah  kita  ataupun  pemerintah arab saudi dan  jaga nama  baik  Negara dan kabupaten.

DM Syanamual menyampaikan selamat  jalan selamat menunaikan ibadah  haji dan semoga menjadi Haji yang mabrur dan pulang  dengan selamat.

Dahlan Sabola salah satu calon haji yang akan menunaikan ibadah haji dalam wawancara menyampaikan syukur kepada Allah SWT karena atas kehendaknya sehingga  Pandemi Covid 19 telah meredah dan Calon Haji di tahun 2022 dapat melaksanakan Ibadah Haji

Dirinya juga menyampaikan terimah kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan dan Kementerian Agama Sorong Selatan yang antusias membimbing sehingga pelaksanaan tahapan haji dapat berjalan dengan baik sehingga dapat dipahami

Ucapan terimah kasih juga disampaikan kepada Pemkab Sorong Selatan atas bantuan transportasi bagi para jamaah haji dari Teminabuan menuju Sorong dan selanjutnya Ke Asrama Haji Makasar menunggu jadwal keberangkatan ke Arab Saudi.

Lebih lanjut tambahnya  bahwa perjalanan dalam ibadah Haji ini berkisar 45 hari yaitu di Mekah 10 hari  di Madinah 11 hari  dan direncanakan pada tanggal 11 Agustus 2022 rombongan Jamaah Haji Sorong Selatan kembali dari Arab menuju Embarkasi Makasar (**/Red)

Warta Papua

Official FB : https://fb.wartapapua.id Official IG : https://ig.wartapapua.id

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda