Kabupaten MaybratPapua BaratPemerintahan

Kadis PMK Kabupaten Maybrat Adam Antoh Menutup Pelatihan Siskeudes

Maybrat,Wartapapua.id-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat,Drs Adam Antoh ,M.Kes secara resmi menutup kegiatan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.4. senin (8/8/2022).

Di sela-sela penutupan pelatihan itu kepala Dinas pemberdayaan masyarakat dan kampung  Adam Antoh merasa bangga karena perangkat Kampung telah menambah pengetahuan dalam penggunaan dana kampung berbasis online sehingga terlaksana tepat sasaran dan cepat dalam proses pelaporan.

Dirinya berpesan kepada peserta pelatihan agar kembali ke kampung masing-masing dan segera mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh menggunakan aplikasi siskeudes versi 2.0.4. itu secara baik.

“Setelah pelatihan ini saya mau lihat Kampung mana yang sudah bisa melaporkan keuangan menggunakan aplikasi Siskeudes. Karena sudah mendapat ilmu jadi harus menggunakan aplikasi. Dan saya yakin semua Kampung mampu menggunakan aplikasi siskeudes,” pesan Antoh.

Selanjutnya Melalui pelatihan tersebut, dirinya berharap agar semua kepala Kampung dan pengurus Dana desa  dapat mengubah Maybrat ke depan agar  jauh lebih maju karena penggunaan keuangan tepat sasaran dan cepat,serta akuntabel dalam pelaporan.

“Pembangunan maju atau tidaknya harus didukung oleh semua pihak termasuk kepala Kampung karena sangat dekat dengan masyarakat. Jadi saya yakin kalau menggunakan aplikasi tersebut dengan baik, maka pembangunan akan terlaksana secara baik dan kesejahteraan masyarakat akan terpenuhi,” tuturnya.

Kepala Dinas pemberdayaan juga memberikan apresiasi kepada Pusat konsultasi pemerintah daerah (PKPD) karena telah memberikan bantuan hibah berupa satu perangkat server siskeudes online kampung untuk dipergunakan dalam pelaporan keuangan dana Kampung secara mudah di kabupaten Maybrat.

“Kami selaku pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada PKPD karena sudah memberikan kami bantuan hibah server. Ini merupakan suatu kebanggan besar buat kami karena kami masih dipeduli untuk memperlancar pelaporan keuangan,” ungkapnya.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan aplikasi siskeudes terdiri dari 518 peserta dari 259 kampung yang tersebar di 24 Distrik.peserta pelatihan ini terbagi menjadi dua kelompok dan kegiatan pelatihan berjalan selama 4 hari.

Ditanyakan untuk jadwal kegiatan pelatihan untuk satu kegiatan lainnya akan di laksanakan pada tanggal 11 Agustus 2022 bertempat di Aimas Hotel, kabupaten Sorong.

Direktur program  Pusat konsultasi pemerintah daerah (PKPD)Firmansyah  menambahkan” kami dari panitia pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan yang bapak/ibu mengikuti selama Empat hari ini dapat memberikan manfaat bagi para pendamping kampung se kabupaten Maybrat.

Dalam beberapa hari yang peserta mengikuti pelatihan ini saya yakin bahwa ada yang bisa mengerti tentang aplikasi siskeudes.

“Kami berharap kepada semua peserta semoga selesai dari kegiatan ini bisa dapat mengaplikasikan materi tersebut dikalangan masyarakat kampung dan tempat dimana kita berada”harapannya.

perwakilan peserta pelatihan Siskeudes, Bernadus Semunya  merasa bangga karena telah memperoleh pengetahuan untuk memperkaya ilmu dalam pelaporan keuangan dana Kampung menggunakan aplikasi.

“Kalau sebelumnya laporan keuangan masih manual kami mengalami kesulitan dan sangat terlambat. Tapi sekarang sudah dibantu dengan berbasis online, maka akan mempermudah kami dalam pelaporan. Saya berterima kasih karena sudah menambah ilmu,” ungkap Bernadus.

Dirinya berharap agar kedepan, pelatihan serupa maupun pelatihan lainnya terus dilakukan sehingga menambah pengetahuan perangkat Kampung agar program kerja dapat terlaksana tepat waktu dan tepat sasaran.

“Saya menilai pelatihan dengan jangka waktu seperti ini masih sangat kurang. Jadi kedepan bila perlu sampai Satu Minggu sehingga kami benar-benar memahaminya,” ungkanya.(Ones Semunya)

Warta Papua

Official FB : https://fb.wartapapua.id Official IG : https://ig.wartapapua.id

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda