Kabupaten Sorong SelatanPapua BaratPendidikan

Universitas Werisar Sorong Selatan Gelar PKKMB Tahun 2022/2023

Teminabuan wartapapua. Id, Universitas Werisar Sorong Selatan Papua Barat menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2022-2023 Bertempat di Aula Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan Senin (05/09/2022).

Hadir dalam acara ini Bupati Sorong Selatan,Samsudin Anggiluli, SE. MTr.AP Kapolres Sorong Selatan,AKBP (Cand) Choiruddin Wachid S.I.K.,M.M.,M.H,Dandim 1807 Sorong Selatan,Letkol Inf Ronald Michael Patty  Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Selatan,Ir.Dance Nauw. SP, MSi, Pimpinan OPD di lingkungan Kabupaten Sorong Selatan, Anggota DPRD Kabupaten Sorong Selatan, Civitas Akademi Universitas Werisar, Ketua Yayasan Tipari Kabupaten Sorong Selatan Ny. Beatriks Anggiluli, SE serta Peserta PKKMB Universitas Werisar.

Bupati Samsudin Anggiluli SE, MTrAP, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Selaku pemerintah daerah akan terus memberikan perhatian khusus pada dunia pendidikan baik TK,SD,SMP,SMA bahkan Perguruan Tinggi.

Karena berdasarkan penelitian dari kementerian pendidikan dan riset teknologi bahwa orang Papua yang tamat SMA dan lanjut ke perguruan tinggi baru mencapai 11%.

Untuk membangun tanah Papua harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadai sehingga pemerintah terus berupaya untuk membangun perguruan-perguruan tinggi baik swasta maupun negri di seluruh pelosok Nusantara ini.

Dengan hadirnya Universitas Werisar kiranya dapat menjawab kebutuhan ini, Universitas Werisar hadir untuk berpartisipasi meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi di Papua dan Papua Barat,”ungkap Bupati.

“Pemerintah juga berkewajiban untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi karena saya di lantik untuk menjalankan undang-undang sehingga telah diatur dalam UU Nomor 21 Tahun 2001 yang di ubah menjadi UU Nomor 2 Tahun 2021 Pasal 56 ayat 6 poin A,B, da C memerintahkan wajib pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten untuk dapat mengalokasikan anggaran pendidikan dari TK sampai dengan jenjang pendidikan tinggi bagi orang asli Papua”.

Pemerintah hadir untuk mengalokasikan anggaran kepada adik-adik yang berprestasi, menyediakan satuan pendidikan seperti sarana dan prasarana pendidikan, serta pendidikan dan tenaga pendidikan dan menjamin kesejahteraan tenaga pendidik dan pendidikan, itu perintah undang-undang Otsus tahun 2021,ujarnya

Kami juga akan berkaloborasi dengan pimpinan DPRD dan komisi C untuk bisa menganggarkan anggaran kepada perguruan tinggi yang ada di Sorong Selatan terutama yang sudah terdaftar dan mendapatkan ijin operasional dari Kementerian Pendidikan.

Perguruan tinggi swasta tentunya merupakan penyelamat terutama untuk kita di tanah Papua karena kehadiran Perguruan tinggi swasta dapat membantu anak anak kita yang kurang mampu, sehingga kita minta kepada pemerintah lewat DPR untuk harus memberikan perhatian dari pemerintah yang di atur dalam peraturan pemerintah.

Saya berharap kepada pengelola Universitas Werisar agar dapat menunjukkan kepada bangsa dan negara terutama tanah Papua dan khususnya masyarakat Sorong Selatan bahwa Universitas Werisar ini tidak kalah saing dengan perguruan tinggi yang sudah ada.

Apalagi dosen-dosen yang siap mengajar ini merupakan dosen yang berkompeten dan datang dari Universitas ternama di Indonesia seperti universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Papua, Universitas Patimura dan juga universitas lain di Indonesia.

Menurutnya seleksi dosen ini di lakukan secara Terbuka dengan sistem Online sehingga kami pastikan Universitas Werisar memiliki kualitas ,”ujarnya.

Sementara itu Amin Anggiluli S.STP selaku ketua panitia pelaksanaan PKKMB saat membacakan laporanya menjelaskan bahwa Kampus universitas membuka pendaftaran sesuai jadwal akademik sehingga jumlah peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti perkuliahan sebanyak 171 Peserta dan yang berhasil kembalikan formulir, dan yang melunasi semua biaya administrasi 160 sehingga yang berhak mengikuti PKKMB di Universitas Werisar sebanyak 160 Peserta.

Jumlah masing-masing peserta yang ikut PKKMB Inversitas Werisar yaitu jurusan PGSD 53 Orang, Administrasi Publik 33 Orang, Ilmu komputer 44 Orang, Agro Bisnis 14 Orang dan Perikanan Tangkap 16 Orang, ungkapnya. (Ape Tabakore/Red)

 

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda