Kabupaten ManokwariPapua BaratPemerintahanPemprov Papua Barat

Sekda Papua Barat Buka Workshop Peradilan Adat DAP Wilayah III Doberay.

Manokwari,wartapapua.id-Sekretaris daerah (sekda) provinsi Papua barat Dr. Natanael Mandacan,M.Si Sekda Provinsi Papua Barat secara resmi Membuka Kegiatan Workshop peradilan adat yang diselenggarakan oleh Dewan adat Papua Wilayah III Doberay Se- Papua barat, Sabtu, (8/10/2022).

Iklan Layanan Masyarakat Bapenda Sorong Selatan Himbauan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan

Sekda Papua barat Dr Nataniel Mandacan M.Si dalam sambutannya;
Peradilan Adat Papua memang ada dan senantiasa dijaga oleh masyarakat adat secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya sehingga hal ini yang menjadi Kekuatan Bagi Masyarakat Adat Papua, apalagi dilindungi oleh undang-undang Otonomi Khusus Papua Pasal 50 & 51 Tenta Peradilan Adat dan Turunannya.

Adat adalah undang-undang Tuhan itulah sepenggal lirik lagu dari Nyanyi Mazmur, ciptaan Pendeta I.S.Kijne, Yang adalah Tokoh Gereja dan Tokoh Pendidikan di Tanah Papua. Sehingga hal ini Hidup dan senantiasa dijaga serta berkembang didalam kehidupan sehari-hari Masyarakat Adat Papua.

Kegiatan ini merupakan Pelatihan untuk para tokoh adat dalam rangka penyelesaian Sengeketa Pidana Adat maupun Perdata Adat didalam kehidupan sehari-hari Masyarakat Adat Papua; ungkap Mandacan.

Sementara itu, Yohanes perwakilan dari peserta sangat mengapresiasi dan mengharap Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Papua Barat agar adat dan hukum adat dapat dijaga dan dilestarikan oleh seluruh Masyarakat Adat Papua di Tanah Papua ini.

Sebab Peradilan Adat adalah Peradilan Perdamaian dan Penuh Kekeluargaan sehingga Masalah dianggap selesai secara tuntas dan diterima oleh kedua belah pihak”ungkap Yohanes.

Kegiatan “Tata Cara Pelaksanaan Peradilan Adat ( Sesuai UU Nomor 02 Tahun 2021 ). ” Yang dilaksanakan Oleh Bidang Hukum dan HAM DAP Wilayah III Doberay Papua Barat, Koordinator Bidang Hukum dan HAM DAP Wilayah III Doberay Papua Barat adalah Advokat Yan Ch. Warinussy, SH yang juga adalah Fasilitator.Dan dihadiri oleh Para Kepala Suku, Ketua Dewan Adat, Tokoh Masyarakat maupun Tokoh Pemuda Papua

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Setda provinsi Papua barat Dr. Nathanael Mandacan,M.Si sekali Gus membuka kegiatan tersebut, Kapolda Papua Barat dalam Hal ini Dirkrimum Polda Papua Barat Kombes Pol Novia Jaya,S.Ik.MH,. Bupati Manokwari dalam Hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Ibu Maria Rumere,SH.,MH ,. Kapolres Manokwari dan Dandim Manokwari. Acara ini diikuti oleh Tokoh-tokoh Adat dari berbagai wilayah di tanah Papua yang bermukim di Manokwari Raya, Yakni Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Fak-Fak, Kaimana dan Tokoh masyarakat adat serta tokoh pemuda Papua barat.(Ones Semunya).

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda