Kabupaten MaybratPapua BaratPemerintahan

Disdukcapil Maybrat Gunakan Tanda tangan Elektronik (TTE) Untuk Semua Surat

Maybrat,Waratapapua.id-Guna menghindari pemalsuan, Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maybrat menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP),Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI)dan Akta Kelahiran serta beberapa surat penting lainnya.

Saat dikonfirmasi media ini Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Maybrat, Okto Dommi Taruk Allo, S.Hut mengatakan “Tanda tangan yang awalnya masih manual ditandatangi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maybrat digantikan dengan QR Code yang sangat sulit untuk dipalsukan.

Iklan Layanan Masyarakat Bapenda Sorong Selatan Himbauan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan

“Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) ini sesuai dengan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Di mana dijelaskan bahwa Tanda Tangan Elektronik berfungsi sebagai alat autentikasi dan verifikasi atas identitas penanda tangan dan keutuhan dan keautentikan Informasi Elektronik; ungkap Okto, Kamis (20/10/22).

Dengan penggunaan tanda tangan digital ini maka diharapkan ke depannya pelayanan dokumen kependudukan akan lebih mudah dan cepat.

Setiap orang yang membutuhkan tanda tangan kepala dinas, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga, tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas di kantor.

Seluruh dokumen kependudukan yang di keluarkan Disdukcapil menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE) atau barcode, tidak perlu lagi mendapat pengesahan atau legalisir.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Administrasi Kependudukan, Pasal 19 ayat (6), yang berbunyi “Dalam hal Dokumen Kependudukan dengan format digital dan sudah ditandatangani secara elektronik dan KTP-el tidak memerlukan pelayanan legalisir; ungkap dia.

TTE pada penerbitan KK,Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI), Akta Kelahiran dan Akta Kematian menggunakan (Quick Record) Code tanpa ada tanda tangan basah dan stempel dinas, untuk mengetahui keabsahan/kevalidan data, bisa diketahui dengan memindai menggunakan QR Scanner”jelas Kadis Dukcapil Maybrat.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat dan juga para pencari kerja (Pencakar) di Maybrat yang sudah pernah memiliki surat dari Dukcapil yang dulunya manual agar segera melaporkan kembali untuk digantikan yang baru; tutur Okto.;(Ones Semunya).

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda