Kota SorongPapua BaratPemerintahan

Pj Walikota Sorong Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Pj Gubernur dan Pj Sekda Provinsi PBD

SORONG, wartapapua.id – Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad dan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Daya, Edison Siagian Jumaat (16/12) pagi tadi tiba di Kota Sorong ibukota Provinsi Papua Barat Daya. Kedatangan kedua penjabat ini disambut oleh seluruh pejabat teras yang ada di wilayah Papua Barat Daya (PBD) yang meliputi 1 Kota dan 5 kabupaten.

Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga dalam pidato penyambutan mengatakan, Pemerintah Kota Sorong serta seluruh masyarakat Provinsi Papua Barat Daya mengucapkan selamat datang kepada Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Bapak dr. Drs. Muhammad Musa’ad, M.Si dan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Daya, Bapak Ir. Edison Siagian, ME di Kota Sorong yang merupakan ibukota dari Provinsi Papua Barat Daya.

Menurut Yarangga, kehadiran penjabat gubernur dan penjabat sekretaris daerah Provinsi Papua Barat Daya di Kota Sorong, membawa suka cita bagi masyarakat yang telah berjuang selama 20 tahun untuk dapat mewujudkan mimpi mereka. Proses panjang tanpa lelah, terus digaungkan masyarakat yang tergabung dalam enam daerah cakupan yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Raja Ampat dapat berhasil dengan dilantik dan diresmikannya provinsi ke-38 di Indonesia ini pada tanggal 9 Desember 2022.

“Kami sangat menyambut baik dan memberikan penghormatan yang mulia kepada bapak penjabat gubernur dan penjabat Sekda, yang diberikan kepercayaan oleh pemerintah pusat untuk meletakan fondasi atau dasar pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Provinsi Papua Barat Daya yang kami cintai ini,” ungkap Yarangga.

Lanjut Yarangga, sangat kami harapkan dengan fondasi yang dibentuk tentunya menjadi letak penyanggah yang kuat untuk kelancaran dan kemajuan demi kesejahteraan masyarakat Papua Barat Daya ke depanya.

Sebab kata Yarangga, masyarakat Papua Barat Daya beranggapan bahwa perjuangan untuk menghadirkan sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB) ini tidaklah mudah dan segampang membalik telapak tangan. Melainkan melalui proses yang yang panjang. Ada suka, duka, penyesalan dan bahkan hampir kehilangan asa, untuk berjuang, namun karena dengan keyakinan serta doa yang kuat oleh semua masyarakat pada akhirnya DOB yang diimpikan dapat hadir di tengah-tengah kami.

Dikatakan Yarangga, kepercayaan dan tanggungjawab yang di emban bapak penjabat gubernur dan penjabat Sekda Papua Barat Daya sangat berat karena masyarakat menginginkan agar kedua pimpinan ini dapat meletakan kerja yang dapat memberikan dampak positif ke depanya, guna percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakt Papua Barat Daya.

“Saya akan menggambarkan sedikit terkait dengan Kota Sorong yang adalah ibukota dari Provinsi Papua Barat Daya. Kota Sorong terletak di antara jalur strategis yang menghubungkan Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua. Transportasi sangat berpengaruh bagi pertumbuhan perekonomian Kota Sorong,” terang Yarangga.

Lebih lanjut Yarangga menjelaskan, keberadaan pusat kegiatan masyarakat seperti terminal, pasar, stasiun, bandara dan wisata sejarah sangat menggembirakan. Pengembangan sektor perdagangan dan jasa. Pertumbuhan ekonomi sorong atau perkembangan 2 terakhir meningkat signifikasn kecuali pada tahun 2020 karena Kota Sorong juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Ditambahkan Yarangga, secara geologis Kota Sorong tidak memiliki sumber daya alam yang bernilai ekonomis tinggi, namun memiliki sumber daya alam berupa bahan galian kategori golongan c untuk pasar material dalam hal pembangunan kontruksi berupa, batu gunung, batu kali, sirtu, pasir, tanah uruk dan kerikil.

Lanjut Yarangga, keadaan permukaan Kota Sorong bergunung yang landai, jejeran bukit-bukit dengan pepohonan yang hijau dan Asri serta daratan yang rendah ditandai dengan jurang dan kanal sungai sedang dan kecil mengairi beberapa bagian Kota Sorong. Oleh karena itu, Kota Sorong yang terletak di kepala burung ini, memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan untuk prospek pembangunan Provinsi Papua Barat Daya ke depan.

Diakhir sambutannya Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga mengajak seluruh masyarakat Provinsi Papua Barat Daya, baik tim deklarator, tim presidium, tim percepatan serta seluruh tokoh yang ada untuk mendukung sepenuhnya penjabat gubernur dan penjabat Sekda Provinsi Papua Barat Daya untuk melaksanakan tugasnya di daerah yang kita cintai bersama ini, demi persiapan dan kelancaran proses pembangunan dan kesejahteraan masyarakat ke depan yang lebih baik.

“Mari kita satukan hati, satukan persepsi untuk mendukung pelaksanaan roda pemerintahan Provinsi Papua Barat Daya ke depan,” tutup Yarangga. (jd)

 

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda