Kabupaten MaybratNasionalPemerintahanPendidikan

Dialog Pj Bupati Maybrat Dan Prof Yohanes Surya Bahas Metode Penerapan Matematika

Maybrat,wartapapua,.id.Menanggapi cepat arahan Mendagri Muhammad Tito Karnavian terkait percepatan literasi matematika bagi anak-anak Indonesia, salah satunya anak-anak Maybrat Papua Barat Daya, Penjabat (Pj) Bupati Maybrat Bernhard Edward Rondonuwu kemudian bertemu Prof Yohanes Surya di Jakarta, Minggu (12/2/2023).

Pertemuan ini, keduanya disebut membahas metode penerapan matematika yang nantinya mau diterapkan bagi anak-anak di Kabupaten Maybrat, yakni metode Gasing atau Gampang, Asik dan Menyenangkan. Cara ini dipilih untuk peningkatan performa kecerdasan matematika anak-anak dalam hal pengoperasian aritmetika dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Adapun rencana waktu pelaksanaan penerapan metode gasing di Maybrat berlangsung selama dua minggu. Sasarannya adalah para siswa SD kelas 3, 4 dan 5. Sedangkan untuk peserta lainnya adalah guru berjumlah 30 orang, berusia kurang dari 40 tahun.

“Peserta merupakan orang asli Papua (OAP) yang dipilih dari setiap sekolah yang ada di Maybrat,”Katanya.

Profesor Yohanes Surya menjelaskan, tujuan pemerintah mendorong percepatan literasi matematika untuk meningkatkan SDM bagi anak-anak di seluruh tanah Papua agar pandai menghitung mulai dari SD. Menurutnya, Tanah Papua memiliki SDM yang sudah bagus hanya tinggal metodenya pembelajarannya yang harus diterapkan.

“Sehingga bagaimana membawa anak-anak dapat belajar dengan baik dan menyenangkan. Selain itu sasaran lainnya adalah guru-guru yang sudah ikut metode ini diharapkan mengajarkan guru-guru lain agar mereka menerapkannya kepada murid-muridnya sehingga pengoperasian aritmetika bisa menyasar ke seluruh murid, dan tentunya tidak menutup kemungkinan akan ada kesempatan bagi guru-guru di maybrat untuk bisa mengajar metode gasing di daerah luar papua,”ujar Surya.

Penjabat Bupati, Bernhard Edward Rondonuwu merespon baik rencana penerapan metode gasing. Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Maybrat mendukung seratus persen penerapan strategi ajar gasing tersebut.

Bupati menjadwalkan waktu pelaksanaan awal April 2023 di Kabupaten Maybrat. Ia menyebut penerapan metode gasing diharapkan membuat dampak positif bagi peningkatan kualitas SDM anak-anak Maybrat di kemudian hari.

“Kita berharap dengan nantinya diterapkan metode gasing bagi murid-murid di Kabupaten maybrat dapat memberikan peningkatan kualitas SDM, sehingga masa depan Maybrat semakin baik dan berkualitas,”harap Bernhard.

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda