Agama & BudayaKabupaten Sorong Selatan

Arti Cium Salib Perayaan Jumat Agung Dalam Liturgi Gereja Katolik.

Teminabuan,Warta Papua.id,-Dalam Perayaan Jumat Agung liturgi Gereja Katolik menjelang Paskah sering kali umat katolik mengikuti prosesi atau ritus cium salib,

Pastor Paroki St Albertus Agung Teminabuan Zepto Triffon Polii,Pr  memberikan sejumlah penjelasan makna dan arti ritus cium salib menurut liturgi Katolik

Pastor Zepto Triffon Polii,Pr  usai memimpin perayaan Jumad Agung 07 April 2023 kepada media ini menjelaskan bahwa dalam upacara hari Jumat Agung terdapat ritus liturgi yang namanya cium salib.

Untuk dapat dipahami bahwa cium salib sendiri maka sangat perlu untuk mengetahui struktur upacara pada hari Jumat Agung

Jumat Agung adalah perayaan untuk mengenangkan kesengsaraan Tuhan Yesus yang bagian bagian pokoknya adalah liturgi sabda,dimana ada bacaan bacaan kitab suci kemudian Penghormatan Salib dan yang ketiga adalah bagian Komuni.

Khusus untuk penghormatan salib  terdapat bagian bagian yang di pilah menjadi 2 macam diantaranya yaitu penghormatan bersama dan penghormatan pribadi.

Untuk  cium salib dikategorikan sebagai penghormatan pribadi ,”disini setiap orang maju dan melaksanakan ritus cium salib.

Dalam masa pandemic Covid 19 lalu terdapat aturan khusus yang dibuat oleh Roma  berkaitan dengan penghormatan salib ini.namun setelah melewati masa pandemic kita  kembali ke situasi normal seperti sebelumnya.

Dalam upacara kita pada kesempatan ini terdapat ritus cium salib secara pribadi masing masing

“ Jadi cium salib dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan pribadi  dan kedekatan secara personal antara kita manusia dengan  Tuhan Yesus yang menebus dosa kita.(Team/Red)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda