GlobalKabupaten Sorong SelatanKesehatanPemerintahanPendidikanSosial

TP PKK Sorong Selatan Peringati HKG PKK  Ke 51 Tahun.

Teminabuan,WartaPapua.Id, TP PKK Kabupaten Sorong Selatan menggelar perayaan puncak HKG PKK Ke 51 Tahun bertempat di Aula Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan,04 Mei 2023

Hadir dalam acara ini Mewakili  Pj Gubernur PBD Asisten 3 Administrasi Umum Dra Atika Rafika MSi,Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr AP, Sekda Sorong Selatan Ir. Dance Nauw, SP, MSi, IPM, Dandim 1807/Sorong Selatan Letkol Inf. Ronald Michael Patty,,Kapolres Sorong Selatan diwakili oleh Kabag OPS AKP Rusli Maknum,S.Sos, Ketua  TP PKK Kabupaten Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE, Ketua  GOW Sorong Selatan Ny.Imelda Nerlintje Sesa. S.Pd.yang diwakili, Ketua DWP Sorong Selatan Juliantje Flora Nauw,SPd,yang diwakili, Ketua Persit Kodim 1807 Sorong Selatan Ny.Fransiska A. Patty,Ketua Bhayangkari Polres Sorong Selatan Ny. Nita Choiruddin Wachid,yang diwakili, Kepala Dinas BKPSDM Sorong Selatan Petronela Krenak, S. Sos. Ketua TP PKK Distrik Se Sorong Selatan serta Badan Pengurus TP PKK Kabupaten Sorong Selatan.

Ketua Panitia HKG TP PKK  Ke 51  Pdt Welma Tanamal  Dalam Laporan menjelaskan bahwa latar belakang Pelaksanaan kegiatan menjelaskan bahwa peran keluarga dalam pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting.

Untuk mencapai hal itu diperlukan komitmen yang tinggi dan keterlibatan semua pihak dalam jangka waktu yang cukup panjang. proses pembangunan ini merupakan proses pemberdayaan yang sangat sulit, sehingga harus dilakukan secara bertahap dan diikuti oleh semua pihak yang terlibat, terutama para pelaku tanpa diwakilkan. peran keluarga sangat penting dalam mencerdaskan bangsa, oleh karena itu, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) telah berupaya mengadakan gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang bertujuan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

Gerakan PKK bahkan telah mampu mewujudkan perannya sebagai motivator dan masyarakat setiap agar keluarga dapat dinamisator menjadi instrument pembangunan yang handal.

Untuk menigkatkan semangat pengabdian dan motivasi bagi tp PKK maupun kader PKK disemua jenjang, setiap tanggal 4 Maret  diselenggarakan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK namun dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi dimasing-masing daerah.

Dijelaskan bahwa tujuan kegiatan peringatan HKG PKK ke-51 tahun 2023 adalah; memantapkan 10 program pokok PKK yang didasarkan pada prioritas program yang telah ditetapkan.,mewujudkan peranan tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program pemerintah yang sinergi dengan 10 program pokok PKK.dsn memberikan penghargaan seraya memotivasi kader PKK agar lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program-program PKK.

Sementara itu Ketua  TP PKK Kabupaten Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE, saat membacakan Amanat Ketua Umum Pusat Tim Penggerak PKK Ny. Tri Tito Karnavian menjelaskan bahwa sebagaimana layaknya peringatan suatu Ulang Tahun, maka melalui momentum Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tahun 2023 ini, saya sangat mengharapkan agar rangkaian peringatan semacam ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja. Namun juga bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada lagi gaungnya. Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK.

Semangat yang menggelora itu senantiasa harus menjadi energi untuk bergerak bersama. Atas dasar itulah, maka Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tahun 2023 ini adalah “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh”. Sehingga Tema ini mengandung makna yang sangat mendasar pada era ini, yakni kebersamaan dan keterpaduan yang harus kita curahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Niscaya bilamana tekad dan kemauan untuk bergerak bersama itu dapat kita laksanakan, maka diharapkan dapat pula kita wujudkan Indonesia tumbuh yang pada akhirnya Indonesia maju.

Tidak berlebihan bilamana Tema sentral ini menjadi pilihan kita, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Pola pendekatan pemberdayaan keluarga yang bertumpu pada penggerakan peran serta masyarakat harus menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan. Hal ini akan menjadi modal sosial yang sungguh besar dalam proses pembangunan.

Saya berharap, agar kita sekalian sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK, tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian kita selaku relawan, yang senantiasa bersikap rendah hati, namun tidak rendah diri. Karena rendah hati adalah landasan yang kokoh dari semua kebajikan. Oleh karena itu, gelorakanlah terus semangat kebersamaan untuk Bergerak Bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita. Karena kebajikan itu pada hakekatnya adalah perbuatan kita, kesadaran dan tenggang rasa kita terhadap orang lain dan lingkungan kita yang secara kolektif hidup di negara Indonesia tercinta.

Dalam kaitan itu, saya ingin mengingatkan kepada kita semua, bahwa saat ini kita hidup pada era demokrasi, yang secara bersamaan diiringi juga dengan arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Kondisi seperti ini, harus dapat kita jaga sepenuhnya dengan cara merawat situasi yang kondusif di dalam keluarga, maupun antar umat. Segenap jajaran Tim Penggerak PKK perlu menjaga suasana kebersamaan dan kegotong royongan, agar agenda kerja pemerintah melaui sejumlah program pembangunannya, dapat tercapai.

Oleh karena itu pula, melalui Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2023 ini, saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada

Kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK, agar tetap selaras dengan Program-program Pemerintah.

Sesuai dengan Tema sentral Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 yang difokuskan pada aspek Bergerak Bersama, maka perkenankanlah saya menyampaikan satu hal pokok kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para Kader PKK, dan Kader Dasawisma, yaitu: Bergeraklah Bersama dengan bakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih, untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat dan Indonesia maju.

Dipenghujung acara TP PKK Kab Sorong Selatan melaksanakan penyerahan penghargaan,Piala, dan hadiah kepada sejumlah pemenang dalam lomba Cipta Menu Pangan Lokal serta Lomba Tertib Administrasi

Disela sela acara ini juga digelar penyerahan Bantuan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya berupa Paket Sembako  Dalam rangka Pencegahan Stunting  dan Pengentasan Kemiskinan  dari Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat Daya yang diwakili oleh Asisten 3 Administrasi Umum Pemprov Papua Barat Daya Dra Atika Rafika MSi. kepada sejumlah warga .(Team/Red)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda