Kabupaten Sorong Selatan

Peringati Harlah Pancasila Bupati Sorong Selatan Harapkan ASN Laksanakan Nilai Luhur Pancasila.

Teminabuan,WartaPapua.Id,- Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Sorong Selatan.

Hadir dalam Apel ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr AP,Dandim 1807 Sorong Selatan Letkol.Inf.Ronald Michael Patty,Wakapolres Sorong Selatan Kompol Bernadus Okoka,SH,Wakil Bupati Sorong Selatan Drs.Alfons Sesa,MM,Sekda Sorong Selatan Ir,Dance Nauw,SP,MSI,IPM.Kepala BPS Sorong Selatan E.Izack Patikkawa,,Anggota DPRD Sorong Selatan,Pimpinan OPD,Kepala Distrik Teminabuan Yoas Saflembolo,SH,Sejumlah Ketua Ikatan organisasi Kemasyarakatan,Anggota TNI/Polri, ASN serta 114 Pegawai PPPK Tenaga Kesehatan.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr AP dalam amanatnya mengharapkan  peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara.

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“ Saya mengajak seluruh masyarakat di kabupaten Sorong Selatan untuk bersama-sama melaksanakan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila telah mempersatukan kita semua dan menjadi penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila. Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi ideologi lain yang berusaha menggesernya. selama 78 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-bhinneka tunggal ika,” tegasnya.

Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan kita. kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai hubungan antar sesama anak bangsa. inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa, menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya, dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

Perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. dan, sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-indonesia-an.

“ Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda indonesia, dan seluruh rakyat indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan indonesia maju yang kita cita-citakan.

Saya juga mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas, dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“ Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan. “ Semoga Allah SWT ., Tuhan Yang Mahakuasa selalu meridai perjuangan kita bersama.(Team/Red)

 

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini:

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda