Kabupaten Sorong Selatan

Bupati Sorong Selatan Serahkan Dana Operasional 10 Juta Bagi 252 Kampung Persiapan.

Teminabuan,WartaPapua.Id, Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr AP menyerahkan Dana Operasional bagi Kampung Persiapan di Sorong Selatan Penyerahan Dana ini dilaksanakan secara simbolis kepada sejumlah kampung persiapan bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Sorong Selatan 28 November 2023.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Alfons Sesa,MM,Sekda Sorong Selatan Ir Dance nauw,SP,MSi,IPM dan Pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemkab Sorong Selatan

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MTr AP dalam arahananya menjelaskan bahwa pada salah satu Pasal mengatakan bahwa memberikan bantuan sekitar 10-13 % untuk kampung persiapan. Sebenarnya sudah berjalan dari beberapa tahun lalu kerena ada sedikit masalah jadi dihentikan tetapi sudah dimulai lagi.
Bupati berharap terkait penggunaan dana agar dapat menjadi perhatian bahwa ini bukan untuk penggunaan pribadi, kampung persiapan ini harap dipersiapkan dengan baik agar menjadi definitif, sesuai dalam amanat UU yang menjelaskan bahwa setelah 3 tahun baru dapat diusul.

“ Saya harap agar tidak ada yang datang minta SK ke saya, karena yang mengeluarkan SK itu Presiden bukan saya karena, masa persiapann kampung definitif ini aturanya selama 3 tahun baru diusul pada tahun 2010 dan selama itu harus membuat laporan setiap 6 bulan agar dapat mengikuti persiapan, seperti membuat laporan data penduduk, batas wilayah administrasi, jumlah rumah warga dan lin lain agar dapat diusulkan, jangan sampai pemeriksa dari pusat dan provinsi datang cuma ada papan nama kampung dan tidak ada orang atau warga masyarakatnya.

Tahun depan ada perencanaan 252 kampung yang akan diperjuangkan untuk menjadi kampung definitif diharapkan setiap kepala kampung mempersiapkan kampungnya dengan baik.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Kampung Kabupaten Sorong Selatan Yohan Bodori ,S.Sos kepada media ini menjelaskan bahwa di dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung terdapat satu program pelayanan bantuan kepada kampung kampung persiapan diseluruh Kabupaten Sorong Selatan, bagi 15 distrik dan 256 kampung Persiapan . Setiap kampung akan mendapatkan Dana Sebesar Rp.10 juta,dan ini bukan honor tapi ini Operasional,” terangnya

Kampung2 persiapan dapat memanfaatkan kebutuhan2 perlengkapan, sarana dan prasarana seperti alat2 pertukangan,dan lain xsebagainya,meskipun dana terbilang sedikit.

Menurutnya kegiatan ini berpedoman pada amanat UUD No 6 Tahun 2014, dan besaran pagu operasional ditetapkan dengan Peraturan Bupati No 5 Kabup[aten Sorong Selatan ,Kenapa disediakan karena ini untuk memotivasi apparat Kampung Persiapan selain itu sejak tahun 2019 diberikan kesempatan kepada kampung untuk mengupayakan dan memandirikan pembangunannya sendiri, karena mereka sendiri yang meminta maka mereka sendiri yang harus membuktikan dengan swadaya atau dengan sistim swakelola.

Dijelaskan bahwa mereka sendiri yang membangun sarana dan prasarana seperti Masjid, Musolah , Pos PI atau sekolah jarak jauh.

Harapan kami dana yang diberikan ini memang terbatas dan jangan melihat keterbatasannya tetapi mari kita melihat ini sebagai rangsangan dan kiranya warga kampung bergotong royong untuk menyiapkan bagian ini.”Ujarnya (Team/Red)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda