Kabupaten Sorong Selatan

Tahun 2023 Kasus Kejahatan Dan Lakalantas Di Polres Sorong Selatan Menurun

Teminabuan,WartaPapua.id,Selama Tahun 2023 Kasus kejahatan dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sorong Selatan menurun selain itu,Kondisi kamtibmas di wilayah Polres Sorong Selatan menunjukkan perkembangan yang positif selama tahun 2023.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres Sorong Selatan AKBP Gleen Rooi Molle, SI.K kepada rekan media dalam rilis akhir tahun 2023, bertempat di ruang media center Tantya Sudirajati Polres Sorong Selatan, Minggu (31/12/2023)

Dijelaskan, terdapat penurunan yang mencolok dalam kasus kejahatan, dari 182 kasus pada tahun 2022 menjadi 111 kasus pada tahun 2023, kemudian kasus laka lantas juga menurun dari 16 kasus pada tahun 2022 menjadi 12 kasus pada tahun 2023, sementara Pelanggaran dan Bencana Nihil (0).

“Dilihat dari tren kasus kejahatan, penurunan sebesar 38.95% terjadi dari tahun 2022 ke tahun 2023, memberikan gambaran akan upaya keras yang dilakukan oleh Polres Sorong Selatan dalam menangani kejahatan” terangnya

“Penyelesaian kasus juga menjadi sorotan, dari 109 kasus yang diselesaikan pada tahun 2022, angka tersebut menurun menjadi 94 kasus pada tahun 2023 atau turun 13.76 %. Namun demikian, rasio penyelesaian kasus mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai sekitar 84.68%, menunjukkan fokus yang lebih baik dalam menuntaskan kasus-kasus yang terjadi” ungkapnya

Lanjutnya bahwa kasus kejahatan tahun 2023, dari total 111 kasus kejahatan mayoritasnya merupakan tindak pidana umum yang paling banyak terjadi antara lain, kasus penganiayaan, pengeroyokan, pencurian, curanmor, dan penipuan.

“Fenomena ini mencerminkan kecenderungan dan tren kejahatan yang patut diperhatikan oleh Polres Sorong Selatan” ujarnya

Kemudian Kasus Narkoba mengalami penurunan menjadi 9 kasus dari sebelumnya 10 kasus pada tahun 2022, namun penyelesaian kasus tetap optimal karena seluruhnya telah diselesaikan dan hal ini menunjukan kesigapan dan konsistensi kami dari Polres Sorong Selatan dalam pencegahan dan pemberantasan terhadap peredaran narkoba di wilayah sorong selatan.

Sementara itu kasus kecelakaan lalu lintas Pada tahun 2022, tercatat 16 kasus dan 10 di antaranya berhasil diselesaikan dengan baik. Sedangkan pada tahun 2023, terdapat sedikit penurunan dengan 12 kasus kecelakaan lalu lintas, dan tetap membanggakan karena 10 kasus di antaranya berhasil ditangani secara efisien.

“Hal Ini mencerminkan fokus dan komitmen dari Sat Lantas Polres Sorong Selatan dalam menangani dan menyelesaikan kasus-kasus kecelakaan lalu lintas, serta upaya yang terus menerus dalam meningkatkan keselamatan jalan di wilayah ini” kata Kapolres.

Menyikapi hal itu, AKBP Gleen Rooi Molle, S.I.K mengatakan akan melakukan upaya intensif pencegahan untuk menekan jumlah kejahatan melalui patroli dan kerjasama dengan masyarakat serta fokus pada peningkatan tingkat penyelesaian kasus dan pengurangan kejahatan terbuka.

“Kami Polres Sorong Selatan berkomitmen untuk lebih meningkatkan pelayanan keamanan dengan menyediakan lingkungan yang aman bagi masyarakat, untuk dukungan dari masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak menjadi kunci utama dalam upaya kami dari Polres Sorong Selatan dalam menjaga dan memelihara kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Sorong Selatan yang kita cintai”tegasnya.

Adapun prestasi yang diraih Polres Sorong Selatan dalam tahun 2023 yang antara lain sebagai Polres terbaik di setiap Polda dalam pelaksanaan Quick Wins Presisi tahun 2022/2023 berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/814/Vi/2023, Tanggal 21 Juni 2023, Juara 2 Lomba “Quick Respon Call Center 110” Tingkat Polda Papua Barat dan Juara 2 Lomba “Pam Dan Olah TKP” Tingkat Polda Papua Barat serta Juara 1 Lomba “Penanganan Pengaduan Masyarakat” Tingkat Polda Papua Barat kemufuan
Juara 2 Lomba “UMKM-Kategori Partisipasi” Tingkat Polda Papua Barat.(Team/Red)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda