Kota Sorong

Sebelum Kami Pindah, Pemerintah Harus Berikan Jaminan Keamanan

Sorong, wartapapua – Pedagang yang berjualan di Pasar Bosewezen Kelurahan Rufei Distrik Sorong Barat meminta jaminan keamanan kepada pemerintah Kota Sorong sebelum mereka pindah dan mlaksanakan aktifitas jual beli di Pasar Modern Rufei. Demikian disampaikan perwakilan pedagang sayur mayur di Pasar Boswezen saat bertemu Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga di pelataran Pasar Boswezen, Rabu 31 Agustus 2022.

“Sebelum kami pindah ke Pasar Modern Rufei, kami meminta jaminan keamanan dari Pemerintah Kota Sorong karena selama ini kami sangat diresahkan oleh kondisi keamanan,” ujar Siska didepan Penjabat Walikota Sorong dan Penjabat Bupati Sorong.

Menurut Siska, sebelum pasar dibangun seharus pemerintah Kota berkoordinasi dengan para pedagang untuk menentukan lokasi mana yang pantas untuk didirikan pasar, karena lokasi pasar sekarang ini kondisi keamanan tidak menjamin baik bagi pedagang maupun pembeli.

Lanjut Siska, selalu saja ada pemalakan dari anak-anak yang ada di pasar membuat sehingga dagangan kami tidak laku terjual karena tidak ada pembeli yang datang.

“Kami bukan memamerkan barang tapi kami menjual barang makanan, jadi kalau kondisi seperti ini masih ada bagaimana kita mau pindah karena jualan yang kami jual ini untuk menghidupi keluarga,” terang Siska.

Kata Siska, atas nama mama-mama Papua ingin saya sampaikan kepada Pemerintah Kota Sorong bahwa lebih baik membangun kami pasar diareal yang akan dijadikan sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Sementara perwakilan pedagang Ikan, Onny Marani dalam penyampaiannya mengatakan alasan tidak pindah ke Pasar Modern Rufei karena adanya janji dari mantan walikota Sorong untuk membangun TPI pada lokasi pasar ikan di Pasar Boswezen.

Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga kepada awak media mengatakan, semua masukan baik dari pedagang yang ada di Pasar Boswezen maupun yang ada di Pasar Modern Rufei akan dipanggil untuk menyatakan persepsi, karena apapun alasannya pasar yang sudah dibangun pemerintah harus segera dimanfaatkan sehingga tidak ada lagi pasar-pasar kumuh di pinggiran lagi.

“Saya ini baru beberapa hari jadi belum tahu permasalahan sebenarnya sehingga saya akan mengumpulkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bersama masyarakat pelaku ekonomi baik di pasar Boswezen maupun Pasar Modern Rufei untuk membahas terkait keamanan, trayek angkutan umum sehingga terjadi satu kata sepakat sehingga Pasar Modern Rufei harus segera dimanfaatkan sehingga tidak ada lagi pasar kumuh dipinggiran yang dapat merusak keindahan Kota Sorong,” pungkas Penjabat Walikota. (JASON)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda