AspirasiKabupaten ManokwariKota SorongPapua BaratPemerintahanPemprov Papua BaratPolitikSudut Pandang

DAP : Kepala Dinas di Pemrov PB Kurangi Perjalanan Dinas , Fokus Layani Masyarakat

Sorong,WartaPapua.Id,-Dewan Adat Wilayah III Doberay sebagai Rumah Besar Masyarakat Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat yang membawahi 10 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua Barat melihat kondisi pelayanan publik pada setiap organisasi perangkat daerah ( OPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Papua Barat terlalu banyak membuang waktu ke luar daerah ketimbang tinggal dan melayani masyarakat.
“Kami wajib mengingatkan karena kami melihat seringnya para kepala dinas atau kepala OPD yang selalu berada diluar Manokwari, Provinsi Papua Barat,” ujar Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay, Mananwir Paul Fincen Mayor, S.IP kepada media melalui pesan Whats App, Rabu 25 Mei 2022.
Dikatakan Mananwir, silahkan saja mereka melakukan perjalanan ke luar daerah sepanjang tidak mengganggu pelayanan publik kepada masyarakat adat Papua itupun kalau sangat urgen namun kalau dapat diwakilkan mengapa mereka harus keluar, berikanlah kepercayaan kepada bawahan sebagai bentuk pendelegasian tanggungjawab dan juga sebagai pembelajaran kepada bawahan, jangan selalu mereka saja yang monopoli dan harus mereka saja yang hadir.
Lanjut Mananwir, mengingat hak untuk mendapatkan pelayanan publik oleh masyarakat adat Papua itu perlu diperhatikan oleh para kepala dinas atau kepala-kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat.
Dikatakan Mananwir, informasi yang kami dapat, setiap masyarakat adat Papua yang datang ke kantor-kantor pemerintahan Provinsi Papua Barat yang selalu mereka mendapat jawaban adalah bapak Kepala Dinas ada keluar daerah. Jawaban seperti ini adalah sesuatu yang mengecewakan masyarakat adat Papua karena mereka datang harus membuang biaya dengan harapan bahwa urusan meeka dapat selesai namun kenyataan sebaliknya.
“Kedepannya dengan adanya penjabat Gubernur Papua Barat yang baru ini dapat dengan tegas dan lugas mengingatkan kepada Semua kepala OPD untuk mengurangi kegiatan jalan-jalan keluar daerah dan tinggal tenang dikantornya agar dapat memberikan pelayanan publik yang maksimal kepada Masyarakat Adat Papua,” tega Mananwir.
“Apabila kedapatan masih saja ada kepala OPD yang terus menerus diluar kota atau daerah sebaiknya Bapak Penjabat Gubernur Papua Barat melakukan pergantian Kepala Dinas atau OPD yang demikian, demi meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di pemerintahan Provinsi Papua Barat,” pungkas Mananwir. (Jason)

Warta Papua

Official FB : https://fb.wartapapua.id Official IG : https://ig.wartapapua.id

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda