Kabupaten Sorong SelatanPendidikanPolitik

Pendidikan Masalah Krusial Di Sorong Selatan

Sorong, wartapapua. Id – Menjadikan bidang pendidikan sebagai salah satu program yang krusial di Kabupaten Sorong Selatan maka Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli SE dalam laporanya pada Rapat Kerja Bupati/Walikota se-Papua Barat menjelaskan permasalahan pendidikan di Kabupaten Sorong Selatan.
Dikatakan Bupati, pendidikan  adalah persoalan penting yang harus menjadi perhatian karena melalui pendidikan dapat menjadikan generasi penerus bangsa secara khusu generasi papua yang pintar memiliki intelektual yang bagus dan mampu bersaing dalam mengahadapi era globalisasi dan dapat menjadi pilar pembangunan dalam membangun Indonesia menjadi negara yang maju.
“Pendidikan sangat perlu di persiapkan dengan baik mulai dari pendidikan Dasar karena itu merupakan pondasi,”ujar Bupati.
Lanjut Bupati, jika pondasi tidak kuat maka kedepan akan sulit mendapatkan generasi penerus, khususnya Orang Asli Papua yang mampu menghadapi era Indonesia Emas tahun 2045, sehingga pendidikan merupakan hal yang utama yang harus diperhatikan.
Dijelaskan Bupati,  jumlah SD di Sorong Selatan berjumlah 94 SD dengan jumlah guru 591 guru, dan SMP sebanyak 24  SMP  dengan jumlah guru 346 orang.
“Jumlah guru dan sekolah terlihat sangat ideal namun masih ada saja kendala yang dihadapi  hingga saat ini diantaranya masih ada tamatan SD belum bisa membaca, sehingga ada beberapa SMP yang menerima lulusan anak SD dari wilayah perkampungan telah disediakan kelas khusus bagi yang belum bisa membaca dengan baik.
Dengan keadaan demikian kata Bupati, ini menjadi persoalan bersama untuk bagaimana menyikapi hal hal seperti ini karena dapat menjadi penyesalan  bagi kita dimasa Era Indonesia Emas Tahun 2045 karena anak Papua nantinya tidak mampu bersaing,”tegas Bupati. (jd)

Related Articles

Tinggalkan Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Untuk Disable Adblock Browser Anda